.breadcrumbs{ margin-left:10px; padding: 5px 0; border-bottom: 1px dotted; line-height:1.4em; }

Sejarah atau Asal Usul Masyarakat Bakumpai

Asal Usul Bakumpai

Secara etimologis, Bakumpai adalah julukan bagi suku dayak yang mendiami daerah aliran sungai Barito. Bakumpai berasal dari kata ba (dalam bahasa banjar diartikan memiliki) dan kumpai yang artinya adalah rumput. Dari julukan ini, dapat dipahami bahwa suku ini mendiami wilayah yang memiliki banyak rumput. Menurut legenda, bahwa asal muasal suku Dayak Bakumpai adalah dari suku Dayak Ngaju yang akhirnya berhijrah ke negeri yang sekarang disebut dengan Marabahan (salah satu Kabupaten di Kalimantan Selatan yaitu kabupaten Barito Kuala).

Dari beberapa referensi lainnya yang dipelajari, Suku Bakumpai (dalam bahasa Belanda disebut Becompaijers/Bekoempaiers) atau Dayak Bakumpai adalah subetnis rumpun Dayak Ngaju yang beragama Islam dan tinggal di sepanjang tepian daerah aliran sungai Barito di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah yaitu dari kota Marabahan, Barito Kuala sampai kota Puruk Cahu, Murung Raya. Suku Bakumpai berasal bagian hulu dari bekas Distrik Bakumpai sedangkan di bagian hilirnya adalah pemukiman orang Barangas (Baraki). Sebelah utara (hulu) dari wilayah bekas Distrik Bakumpai adalah wilayah Distrik Mangkatip (Mengkatib) merupakan pemukiman suku Dayak Bara Dia atau Suku Dayak Mangkatip. Suku Bakumpai maupun suku Mangkatip merupakan keturunan suku Dayak Ngaju dari Tanah Dayak.

Supriadi Sekretaris Kerukunan keluarga Bakumpai (KKB) Kota Palangka Raya, tampaknya menambahkan bahwa suku bakumpai adalah suku yang mendiami sepanjang DAS Barito hingga Tumbang Samba, Katingan samoai Long Iram, Kalimantan Timur. Saya sendiri yang bernama Abdul Helim atau dipanggil Helim selaku putra yang lahir di desa Magantis Kabupaten Barito Timur juga menambahkan bahwa penyebaran penduduk Bakumpai sampai ke desa saya yaitu Desa Magantis, bahkan masyarakat bakumpai di Desa Magantis memiliki keunikan yang tampaknya berbeda dengan suku Bakumpai yang lain. Hal ini akan dibahas pada artikel-artikel selanjutnya.

Tambahan :

Menurut Tjilik Riwut, Suku Dayak Bakumpai merupakan suku kekeluargaan yang termasuk golongan suku (kecil) Dayak Ngaju. Suku Dayak Ngaju merupakan salah satu dari 4 suku kecil bagian dari suku besar (rumpun) yang juga dinamakan Dayak Ngaju (Ot Danum).

Mungkin adapula yang menamakan rumpun suku ini dengan nama rumpun Dayak Ot Danum. Penamaan ini juga dapat dipakai, sebab menurut Tjilik Riwut, suku Dayak Ngaju merupakan keturunan dari Dayak Ot Danum yang tinggal atau berasal dari hulu sungai-sungai yang terdapat di kawasan ini, tetapi sudah mengalami perubahan bahasa. Jadi suku Ot Danum merupakan induk suku, tetapi suku Dayak Ngaju merupakan suku yang dominan di kawasan ini.

Dikatakan pula bahwa Suku dayak Bakumpai dahulunya memiliki suatu kerajaan yang lebih tua dibandingkan dengan kerajaan daerah banjar, akan tetapi karena daya magis yang luar biasa akhirnya kerajaan ini berpindah ke sungai Barito dan rajanya dikenal dengan nama Datuk Barito. Dari daerah marabahan ini mereka menyebar ke aliran sungai Barito. Dari cerita rakyat, ada suatu daerah di Kabupaten Murung Raya yaitu Muara Untu pada mulanya hanyalah suatu hutan belantara yang dikuasai oleh bangsa jin bernama Untu. Kemudian ada dari suku Bakumpai yang hijrah ke sana dan mendiami daerah tersebut yang bernama Raghuy. Sampai sekarang jika ditinjau dari silsilah orang yang mendiami Muara Untu, mereka menamakan moyang mereka Raghuy.

Agama yang Dianut Sebelum Islam

Pada mulanya masyarakat bakumpai yang disebutkan di atas menganut agama nenek moyang yaitu Kaharingan. Hal ini dapat dilihat dari peninggalan budaya yang sama seperti suku dayak lainnya. Kemudian mereka menjumpai suatu wilayah di mana di tempat tersebut ada seseorang yang memiliki kharismatik, sebab apabila dia berdiri di suatu tanah, maka tanah itu akan ditumbuhi rumput. Orang yang memiliki kharismatik tersebut tidak lain adalah Nabiyullah Khidir as. Akhirnya, sebagaimana disebutkan dalam cerita orang-orang pendahulu Bakumpai, mereka pun masuk agama Islam dan berkembang biaklah mereka menjadi suatu suku. Suku Bakumpai adalah julukan bagi mereka, karena apabila mereka belajar agama di suatu daerah dengan gurunya Khidir, maka tumbuhlah rumput dari daratan tersebut, sehingga kemudian mereka dikenal dengan suku Bangsa Bakumpai.

Kini, hampir seluruh suku Bakumpai beragama Islam dan relatif sudah tidak tampak religius seperti pada kebanyakan suku Dayak (Kaharingan).

Jumlah Penduduk Suku Dayak Bakumpai

Dalam sumber lain juga disebutkan bahwa suku Bakumpai Suku Bakumpai merupakan suku yang baru muncul (menurut hemat kami bukan yang dimaksudkan suku yang baru atau suku hanyar) dalam sensus tahun 2000, karena sebelumnya yaitu pada tahun 1930, suku Bakumpai masih digabungkan dengan dengan suku Dayak yang lain. Hasil sensus pada tahun 2000 tersebut apabila dipersentasekan sebanyak 7,51% dari penduduk Kalimantan Tengah adalah orang-orang Bakumpai.

Menurut situs "Joshua Project" suku Bakumpai berjumlah 41.000 jiwa. Namun apabila dilihat dari hasil sensus yang dilakukan Badan Pusat Statistik di Kalimantan Selatan pada tahun 2000 (untuk sementara data yang tersedia hanya tahun 2000), populasi suku Bakumpai berjumlah 20.609 jiwa. Dari jumlah tersebut, penduduk suku Bakumpai yang terbanyak berada di Kabupaten Barito Kuala dengan jumlah 18.892 jiwa dan sisanya menyebar di daerah Kalimanta Selatan. Adapun untuk di Kalimantan Tengah menurut hasil sensus yang dilakukan Badan Pusat Statistik di Kalimantan Tengah pada tahun 2000, jumlah masyarakat bakumpai yang tinggal di provinsi ini berjumlah 135.297 serta 1.000 jiwa di Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya di Long Iram, Kutai Barat. Apabila diakumulasikan, semuanya berjumlah 200.000 jiwa.


Kabupaten/kota yang terdapat organisasi kerukunan suku Bakumpai

• Kabupaten Barito Kuala (kecamatan Bakumpai, Tabukan dan Kuripan)
• Kabupaten Barito Selatan (Buntok)
• Kabupaten Barito Timur (mayoritas di desa Magantis)
• Kabupaten Barito Utara (Muara Teweh)
• Kabupaten Murung Raya
• Kabupaten Kapuas (Kuala Kapuas)
• Kabupaten Pulang Pisau
• Kota Palangkaraya
• Kabupaten Katingan, berupa enclave
• Kota Banjarmasin
• Kabupaten Kutai Barat (1,7% populasi)



referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Dayak_Bakumpai

Sebagian diambil dari tulisan Ahkmad Supriadi Sekretaris Kelurukunan Keluarga Bakumpai Kota Palangka Raya.

17 komentar:

  1. orang kampung tengah kab katingan termasuk dalam suku bakumpai gag ya? karena bahasa oang tua kami mirip2 bakumpai tapi juga ada campuran bahasa sampit

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin harus menelusuri kembali asal muasal orang yang mendiami kampung tersebut, bisa bertanya kepada orang-orang yang mengetahui sejarahnya

      Hapus
    2. Sedikit menambahkan saja pak kalau di Kab. Barito Timur tidak hanya di Magantis tapi di Muara Plantau juga yang berbatasan langsung dengan Barito Selatan atau berada dihulu Bangkuang.
      Terima kasih.

      Hapus
  2. Gabung di komunitas http://forum.bakumpai.com

    masih butuh beberapa pengelola..
    dimohon kritik dan saran nya untuk komunitas bakumpai

    Salam

    BalasHapus
  3. Kumpai menurut saya bukan berarti rumput. Tapi kumpai adalah nama sejenis rumput.

    BalasHapus
  4. Sedikit masukan Pak, Kalo di Bartim bukan hanya Magantis yang Mayoritas bakumpai nya di Kampung ku Muara Plantau Kec. Pematang Karau juga mayoritas Bakumpai. yg berada di hulu Bangkuang dan Babai.

    BalasHapus
  5. Mang, keluarga ulun di kuala pembuang asalnya urang bakumpai pulau petak dan ulun baisi silsilahnya dimana ulun kawa,manalusurinya.....tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin harus ke kampung itu pa. sepengetahuan saya pulau petak itu ada di daerah kapuas

      Hapus
  6. Di sampit alamat kkb dimana mang

    BalasHapus
  7. Di sampit alamat kkb dimana mang

    BalasHapus
  8. http://terukur.com/dayak-bakumpai/45-silsilah-orang-dayak-bakumpai.html yang tahu garis keyurunannya tolong d8 komfirmasi

    BalasHapus
  9. Artikel yang menarik dan berguna.

    Buruan Gabung Sekarang Juga Bersama raja poker
    dan Dapatkan Juga Bonus Hingga Jutaan Rupiah disetiap Hari.

    Untuk Informasi Lebih Jelas Silahkan Menghubungi Customer Service Kami Yang Siap Melayani Anda 24 Jam Nonstop :
    - Livechat 24 jam : Official site www mgmpoker88 com.
    - Pin BBM : 28CAFAB2

    TERIMA KASIH
    Salam Keberuntungan MGMPOKER88..

    BalasHapus
  10. Ayo dengan modal kecil bisa menang banyak lo gays?
    Dengan modal Rp20.000,
    Anda bisa menang "Puluhan Juta" !!!
    Hanya di Sinidomino. xyz
    Untuk info lebih lanjut, Hubungi :
    -Pin BBM : D61E3506 (24 jam Online )
    poker online

    BalasHapus

Terima Kasih telah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel dalam blog ini. Kami berharap sahabat dapat memberikan komentar. Namun mohon menggunakan bahasa yang etis dan bukan pula bersifat spammer. Terima kasih.